Alam takambang manjadi guru. Kalimat itu adalah falsafah
hidup yang dipedomani oleh masyarakat Minangkabau. Tulisan ini mungkin
saja sangat subjektif karena memang saya berdarah Minang. Namun bukan
hal ini yang menjadi fokus saya. Masyarakat Minang memegang erat
falsafah hidup tersebut. Itulah mungkin yang menuntun mereka untuk
menggapai kesuksesan di tanah rantau.
Ungkapan itu berarti bahwa manusia bisa belajar dari alam. Maksudnya,
ilmu bisa didapat dari pengalaman atau dari refleksi
terhadap fenomena-fenomena alam yang disaksikan. Seseorang yang mampu
mempelajari pengalamannya atau mampu merefleksikan apa yang ia indra di
bentangan alam akan mendapatkan sebuah kebijaksanaan untuk menghadapi
kehidupan.
Hewan merupakan bagian dari alam. Sebagaimana hukum rimba adalah
‘yang kuat memakan yang lemah’, hewan memiliki kemampuan instingtif
untuk mengelabuhi musuh atau predator. Dua diantaranya adalah mimikri dan autotomi. Mimikri
adalah pemiripan atau peniruan, baik secara fisik maupun perilaku.
Sementara autotomi adalah perilaku memutus ekor pada cicak untuk
mengelabui musuhnya. Kedua strategi tersebut adalah untuk bertahan
hidup.
Lantas, apa hubungannya dengan dunia kepustakaan?
Disebutkan di awal, bahwa alam takambang manjadi guru. Strategi mimikri dan autotomi setidaknya bisa diambil pelajaran bagi dunia kepustakaan.
Dunia perpustakaan erat kaitannya dengan informasi, teknologi,
berikut perkembangannya. Dengan perkembangan teknologi yang tak
terbendung beberapa dekade terakhir, maka dunia kepustakaan termasuk
ranah yang menghadapi segala tantangan dan menerima segala pengaruh
darinya.
Dalam bentuk konvensional, perpustakaan bisa saja dipahami hanya
sebagai kumpulan buku yang disusun dan diorganisir sedemikian rupa
sehingga dapat ditemukan dengan mudah. Dengan tata kelola seperti itulah
buku-buku terjaga dan bisa digunakan secara efektif. Tata kelola ini
juga dengan tanpa beban bisa disebut ‘perpustakaan manual’. Hal ini
lantaran segala pelayanannya, baik referensi maupun sirkulasi, ditangani
secara manual.
***
Telah disebutkan bahwa perkembangan teknologi telah merubah banyak
hal, termasuk dunia kepustakaan. Perpustakaan konvensional secara
bertahap berubah dan berkembang. Hal ini umpamanya terlihat dalam hukum
ilmu perpustakaan yang kelima, yang menyebutkan bahwa “a library is a growing organism”. Bukan hanya itu, Five laws of Library Science ini pun juga didukung dan dikembangkan oleh seorang pakar ilmu perpustakaan, Michael Gorman, dengan mengusung lima hukum baru; Five New Laws of Librarianship. Terkait teknologu, Gorman menyebut “use technology intelligently to enhance service”.
Sebelumnya, seorang pakar lainnya, Shiyali Ramamrita Ranganathan,
menyatakan perpustakaan harus menjadi lembaga yang dinamis. Ini berarti
perpustakaan mutlak tidak statis. Perpustakaan harus melakukan
perkembangan, baik secara sistem, layanan, koleksi, fisik perpustakaan,
teknologi dan sebagainya. Sepertinya Gorman seide dengan Ranganathan,
makanya ia mengembangkan teorinya. Kedua pakar ini menekankan bahwa
sudah selayaknya perpustakaan berkembang diri dengan mengintegrasikan
dirinya dengan teknologi baru. Teknologi hendaknya menjadi solusi atas
semua masalah dalam meningkatkan efektifitas layanan.
***
Namun, tidak selamanya perkembangan teknologi dapat diterima dan
tidak semua orang menerimanya. Sejumlah pustakawan mungkin dengan cepat
dapat menyesuaikan dengan gaya hidup digital. Karena itu, mereka dengan
cepat bisa mengadaptasi gaya hidup tersebut dalam sistem dan manajemen
perpustakaan. Akan tetapi, tidak sedikit pula pustakawan yang gagap.
Mereka tidak bisa merekondisi perpustakaan.
Dari tangan-tangan pustakawan jenis pertama, kita telah menyaksikan transformasi perpustakaan ke bentuk yang lebih advance dan technologically-furnished. Ini bisa kita lihat umpamanya di perpustakaan-perpustakaan kampus.
Akan tetapi masalah besar bisa kita lihat, umpamanya,
pada perpustakaan di sekolah-sekolah. Pemustaka utamanya adalah
anak-anak sekolah. Dunia mereka sudah sangat dekat dengan gadget, tak
berbeda dengan para mahasiswa. Ketertarikan mereka juga kuat terhadap
gadget. Akan tetapi, pada saat yang sama, pustakawan di sekolah-sekolah
tidak mampu mereformasi perpustakaan dengan perkembangan teknologi yang
ada. Hasilnya, perpustakaan tidak berhasil menjadi hal yang menarik bagi
mereka.
Hal ini merupakan kesenjangan yang terjadi di dunia perpustakaan.
Pemustaka selalu berlari mengikuti perkembangan teknologi. Sedangkan
pustakawan masih tertatih-tatih untuk memperbaiki dan menyiapkan sistem
dan manajemen agar perpustakaan tidak ditinggalkan oleh masyarakat.
Fenomena ini tidak asing di lingkungan kita. Setidaknya, peristiwa
ini menggambarkan apa yang diistilahkan oleh seorang pakar, Craig Brod
(1984:16) dengan technostress. Ia mendefinisikan istilah ini dengan:
“… a modern disease of adaptation caused by an inability to cope
with the new computer technologies in a healthy manner. It manifests
itself in two distinct but related ways: in the struggle to accept
computer technology, and in the more specialized form of over
identification with computer technology.”
Di dunia perpustakaan, bentuk technostress beragam, mulai
dari pustakawan senior yang pasrah dengan perkembangannya sampai kepada
pemustaka yang tidak bisa lepas dengan teknologi. Pustakawan senior
merasa bahwa perkembangan teknologi bukanlah bagian dari kesempatan
mereka untuk mengembangkan diri. Perkembangan teknologi semata-mata
untuk generasi setelahnya sehingga pengembangan sistem perpustakaan pun
diserahkan kepada generasi selanjutnya. Padahal, saat ini mereka lah
yang berotoritas dan bertanggung jawab untuk mengembangkan perpustakaan.
Dalam perkembangan ini, pustakawan atau lembaga institusi
perpustakaan selayaknya merenungi kedua strategi bertahan hidup hewan
sebagaimana di atas. Jika mereka tidak melakukan mimikri atau autotomi,
mereka akan menjadi santapan empuk predator. Maka, dalam hal ini, jika
perpustakaan tidak melakukan hal yang sama, maka perpustakaan akan mati
dimakan oleh perkembangan teknologi itu sendiri.
Sumber Bacaan
Aghwotu, Tiemo Pereware. 2010. “Technostress: Causes, symptoms and coping strategies among Librarians in University libraries” Educational Research (ISSN: 2141-5161) Vol. 1(12) pp. 713-720 December 2010
Furniss, Richard D. 2014. “Technostress Effect on Task Productivity in Radiologic” Proquest LLC.
Gorman, Michael 1995. “Five New Laws of Librarianship”. Diakses pada http://bit.ly/1VCteiy. Pukul 11.53 18 November 2015.
Zulaikha, Sri Rohyanti. 2008. “Kontibusi S.R. Ranganathan dalam Perkembangan Ilmu Perpustakaan Dewasa Ini”. Diakses pada http://digilib.uin-suka.ac.id/364/ 18 November 2015 05.09
artikel juga di terbitkan di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar